Read more: http://ridhotawaka.blogspot.com/ http://ridhotawaka.blogspot.com/#ixzz4UGVIdzMv Under Creative Commons License: Attribution

Minggu, 27 November 2016

Jamaluddin Dg. Abu Sang Petani Luarbiasa

Salah seorang sahabat penulis yang begitu keren untuk urusan pertanian telah memberi saya inspirasi bahwa dengan bertani maka kita menyelamatkan bangsa. Kalau tidak menyelamatkan bangsa maka paling tidak kita bisa menyelamatkan diri sendiri. Tentusaja hal tersebut merupakan bagian dari bela Negara.
Namanya Jamaluddin, S.Pd., MM. adalah sosok manusia yang luarbiasa karena berani meninggalkan kampus sebagai dosen pada salah satu Perguruan Tinggi di Makassar demi cita-citanya membangun daerah kelahirannya melalui sektor pertanian. Pak Jamaluddin ini adalah saudara seperguruan penulis pada majelis ilmu, suatu sekolah yang mendidik bukan hanya nalar saja tapi juga mental dan laku manusia. Untuk aspek penalaran sekolah kami telah menggunakan konsep keilmuan “lintas sektor”.
Itu cerita tentang sekolahnya, selanjutnya dia punya alasan yang lebih luarbiasa bahwa “kita telah di ajarkan konsep kesederhanaan oleh maha guru, juga diajarkan agar lebih dekat dengan alam”. Jamaluddin ini sebetulnya orangnya simple dan berkat kesederhanaannya dia telah membuat berbagai gebrakan antara lain; 1). membentuk Gapoktan dalam suatu lembaga, 2). membangun berbagai jaringan dari lokal hingga nasional, 3). tampil di Media televisi nasional, 4). Meraih dukungan petani dalam konsep pertanian alami, 5). Memproduksi hasil pertanian, 6). Suplai hasil yang saat ini telah menembus pasar nasional, 7). Mendidik masyarakat, dan masih banyak lagi.
Salam Pertanian Alami
Jika anda adalah pemerhati/simpatisan pertanian, pekerja/tani, kelompok tani, pengusaha bidang pertanian, produsen makanan, aparat, atau anda membutuhkan informasi pertanian maka silahkan kontak kami di Semesta Pertanian @ Petani Bulukumba.



0 komentar:

Posting Komentar