Read more: http://ridhotawaka.blogspot.com/ http://ridhotawaka.blogspot.com/#ixzz4UGVIdzMv Under Creative Commons License: Attribution

Sabtu, 26 November 2016

Jaringan Sebagai Modal Pertanian

Jika sebelumnya, bekerja sebagai petani masih sangat sulit karena terbatasnya teknologi pertanian berupa alat, pupuk, pemasaran, produksi olahan, jaringan informasi dan komunikasi, pelatihan, jumlah bibit, ketersediaan lahan dan masalah lainnya, maka hari ini sejatinya petani tidak lagi dirisaukan dengan masalah-masalah konvensional karena teknologi pertanian sudah hadir memberi solusi untuk masalah-masalah pertanian tersebut.
Kebijakan pemerintah untuk meningkatkan sektor pertanian merupakan harapan baru bagi petani Indonesia. Sebagaimana tertuang dalam UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2013 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PETANI yang memberikan jaminan positif untuk para petani.
Sebagai point terpenting dalam pertanian, jaringan adalah modal utama petani hari ini. Hal tersebut penting karena untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran, baik kualitas maupun kuantitasnya maka harus banyak belajar. Begitupula untuk meningkatkan produksi dan pemasaran maka petani harus mengenal dunia pasar yang berarti bahwa tanaman pilihan adalah yang dibutuhkan masyarakat dan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.
Jaringan tani yang kami maksud antara lain adalah penyedia bibit/benih, penyuluh pertanian, bantuan pertanian, pengembang pertanian, pasar, pabrik, peneliti, pemerintah, komunitas pertanian, pemerhati pertanian, media pertanian dan lain-lain. Tentu saja seluruh jaringan tersebut penting dimiliki agar bisa menjadi petani yang sejahtera dan menjadi pelopor kesejahteraan bangsa. Sebagai media komunikasi yang menghubungkan seluruh elem di atas, mintalah bergabung pada “KOMUNITAS PETANI INDONESIA” dari media sosial WhatsApp yang dibuat admin “081993387750”.
Jika anda adalah pemerhati/simpatisan pertanian, pekerja/tani, kelompok tani, pengusaha bidang pertanian, produsen makanan, aparat, atau anda membutuhkan informasi pertanian maka silahkan kontak kami di Semesta Pertanian @ Petani Bulukumba.


0 komentar:

Posting Komentar