Read more: http://ridhotawaka.blogspot.com/ http://ridhotawaka.blogspot.com/#ixzz4UGVIdzMv Under Creative Commons License: Attribution

Minggu, 25 Desember 2016

Pengembangan Pertanian Berbasis Angro Wisata


Banyak hal yang bisa dilakukan pada lahan pertanian. Belakangan ini bertani tidak hanya berputar pada usaha tanam, pelihara lalu dipanen untuk dimakan. Berkat perkembangan teknologi, khususnya pada lingkup pertanian maka lahirlah berbagai kemajuan, salah satunya adalah hadirnya wisata pertanian atau agrowisata.

Di Sulawesi Selatan, ada beberapa perkebunan yang bisa dijadikan sebagai objek wisata. Seperti Pekebunan teh di Malino Kabupaten Gowa. Salah satu yang menarik pada destinasi perkebunan teh di Malino adalah hamparan teh yang hijau dan tertata rapi diperbukitan. Suasana tersebut sangat asri ditambah sejuknya kota Malino. Bagi pengunjung dari perkotaan tentusaja merasakan suasana alami yang menyejukkan.

Di Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan juga terdapat perkebunan yang memiliki potensi wisata. Tempat tersebut adalah Perkebunan Muntea gunung Loka, terletak di wilayah administratif desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng, Sulsel. Lokasi ini berada pada ketinggiannya 1.216 meter di atas permukaan laut. Ketinggiannya, menjadikan udara di area ini demikian sejuk menyegarkan paru-paru, setelah sepekan beraktifitas di kota yang berpolusi asap kendaraan.

Kedua contoh tersebut di atas merupakan bentuk perkembangan teknologi pertanian. Dengan demikian, petani harus semangat dan tetap berkarya mengikuti perkembangan zaman. Meskipun demikian, petani juga harus berhati-hati karena efek perkembangan teknologi tidak semuanya baik. Justru berkembangnya teknologi memiliki dampak negatif sehingga harus seperti penggunaan pupuk kimia dan pestisida.

Untuk lebih baiknya, petani sejatinya memanfaatkan seluruh seluruh bentuk pengembangan pertanian. Mulai dari perawatan, produksi buah, olah hasil, pengembangan bentuk pertanian yang salah satunya adalah pesantren pertanian (sekolah alam), agrowisata dan lain-lain. Dengan demikian, perhatian masyarakat akan petani bisa menjadi lebih baik.  

1 komentar:

  1. memeang sudah seharusnya pertanian dikembangkan untuk kesejahteraan keluarga dan bangsa. perkembangan pertanian mestinya dilakukan dengan teknologi tepat guna

    BalasHapus